Liputan6.com, Jakarta – Para penggugat hasil Pemilu 2024 diharapkan bisa menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu penting untuk menjaga situasi tetap aman dan damai.

“Itu yang paling penting, menerima apapun hasil keputusan agar tidak terjadi kegaduhan dan memunculkan yang tidak kita inginkan bersama,” kata Pakar Politik Arfianto Purbolaksono, Rabu (27/3/2024).

Anto, sapaan akrab Arfianto, menilai saat ini ada percikan-percikan konflik apalagi setelah KPU mengumumkan penetapan hasil Pemilu. Namun, percikan tersebut muncul di level elite politik. Ia berharap eskalasinya tidak membesar.

Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute For Public Policy Research(TII) ini juga menilai pernyataan elite politik, seperti Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Sekjen PKS Aboebakar Al Habsy setelah penetapan hasil Pemilu berhasil meredam potensi konflik.

“Ada manfaatnya juga petinggi parpol tidak membuat eskalasi konflik lebih besar. Dan hari ini tidak banyak pernyataan keluar dari elite partai politik yang mengomentari atau membangun opini ketika hari pertama persidangan MK ini,” kata Anto.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *