Liputan6.com, Jakarta – Gerakan Ekonomi Nasional (Gekrafs) 27 Maret 2024 menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke 5 sekaligus Silaturahmi Nasional dengan tema “Green Creative Economy for The Future” di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.

Dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga Uno serta tokoh-tokoh nasional seperti Donna Latief (Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs), Sugiono (Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI yang juga Dewan Penasehat DPP Gekrafs), Dede Yusuf (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Zainal A. Paliwang (Gubernur Kalimantan Utara), serta Nihal Yazici, perwakilan MUSIAD yaitu NGO terbesar asal Turki.

Acara yang dihadiri perwakilan pengurus DPP, DPW dan DPC dari 32 provinsi serta 239 Kabupaten/Kota ini berlangsung sukses dan lancar, rangkaian acara dimulai dari sambutan oleh Ibu Donna Latief dan juga Bapak Sugiono (Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI). Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Ketum Gekrafs serta sesi sharing capaian program selama satu tahun dari setiap DPW seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian menekankan pentingnya literasi dalam membumikan ekonomi kreatif di Indonesia, karena banyak masyarakat yang belum menyadari profesi mereka adalah bagian dari ekonomi kreatif.

Kawendra juga memaparkan berbagai kolaborasi yang dilakukan oleh Gekrafs, yang salah satunya 24 Oktober tahun lalu berhasil mencetuskan bersama pemerintah, legislatif dan pelaku ekraf lainnya Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas).

“Gekrafs secara aktif diminta ikut andil dan menjadi kolaborator dalam membentuk ekosisten ekraf di Ibu Kota Nusantara (IKN), serta dalam waktu dekat ini Gekrafs akan melantik perwakilannya di luar negeri” ujar Kawendra menambahkan.

Acara Rakornas juga menghadirkan fashion show bertema Nusantara Fashion Parade yang menampilkan beragam fesyen karya para pelaku ekraf nusantara.

Menparekraf Sandiaga Uno yang juga Dewan Pembina Gekrafs ikut menyaksikan pelantikan “Gekrafs Kampus”, organisasi semi otonom di bawah Gekrafs untuk mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif nasional, pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Gekrafs Kampus dipimpin secara kolektif oleh 5 (lima) orang presidium dari berbagai latar belakang, di antaranya adalah Nabilah Ayu (ex. JKT48), Salshadilla Juwita, Thadea Amirah Isaura, Hanif Alfatah, dan Ahmad (Senz) Syahndy (CEO Revival TV). Nuraz Anami sebagai sekretaris, Hijaz Mahesa sebagai bendahara dan Erwin Soerjadi sebagai Ketua Dewan Pembina Gekrafs Kampus.

“Saya merasa bangga dan terharu dengan pencapaian Gekrafs yang telah hadir diberbagai provinsi tanah air, dan saat ini hadir di perguruan tinggi terbaik Indonesia, selamat untuk Gekrafs!”.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *