Liputan6.com, Jakarta – Gereja Katedral Jakarta menyiapkan dekorasi siluet wayang pada perayaan Paskah 2024. Dekorasi siluet wayang itu sebagai perwujudan tema Paskah 2024 ‘Solidaritas dan subsidiaritas untuk mencapai kesejahteraan bersama’.

Wayang Paskah itu dapat dijumpai di halaman utama kompleks Katedral, Plaza Maria dan Plaza Kristus Raja. Tak hanya siluet wayang, Plaza Maria juga dihiasi dengan dekorasi khas Betawi dan Dayak penanda status ibu kota negara yang akan berpindah dari Jakarta ke Nusantara.

Adapun Siluet wayang atau bayang wayang dibuat dari bahan metal, simbol dari peleburan tradisi Paskah, budaya nusantara dan kondisi kekinian. Ada motif batik dengan garis-garis yang di desain modern, melambangkan gereja peduli dan terlibat aktif melestarikan nilai-nilai luhur tradisional Indonesia.

“Filosofi wayang atau bayang itu sendiri secara dalam menggambarkan kesederhanaan, refleksi kehidupan sekaligus pembawa terang dalam hidup manusia,” kata Humas Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (29/3/2024).

Menurut Susyana, siluet wayang juga menggambarkan empat peristiwa di rangkaian perayaan Paskah dalam Pekan Suci. Pertama, kedatangan Tuhan Yesus di kota Yerusalem sebagai bagian peringatan Minggu Palma.

 

Untuk memastikan malam perayaan misa natal yang diselenggarakan umat Kristiani berjalan aman, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, mengunjungi beberapa gereja termasuk katedral di Jakarta.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *