Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, gambaran sebuah kabinet di dalam pemerintahan, merupakan bagian dari presiden dan wakil presiden terpilih untuk menjalankan visi dan misi.

Diketahui, Agus Gumiwang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Posko Pemenangan Prabowo-Gibran atau Kopi Pagi  Di mana Golkar juga mendukung pasangan nomor urut 2 itu di Pemilu 2024.

Selain itu, berdasarkan hasil rekapitulasi KPU secara resmi, Prabowo-Gibran yang memenangani Pemilu 2024.

Dia pun menyampaikan, ketika calon presiden berkampanye ke masyarakat, tentu menyampaikan visi misi yang ditargetkan ketika terpilih. Apalagi, dalam konteks ini, rakyat langsung memilih pemimpinnya.

“Sehingga presiden terpilih ketika nanti dilantik menjadi presiden mempunyai kepentingan untuk bisa menjalankan program-program dan mencapai visi misi yang sudah dijanjikan kepada masyarakat,” jelas dia kepada media di Jakarta, Kamis 28 Maret 2024.

 “Bagian terpenting untuk program-program supaya visi misi itu bisa tercapai adalah kabinet,” sambung Agus Gumiwang.

Sehingga, dia mengungkapkan, kabinet tak boleh dibatasi. Pasalnya, itu hak prerogatif presiden dan sudah diatur dalam konstitusi.

“Oleh sebab itu, kabinet tidak boleh dibatasi, karena kabinet itu sepenuhnya berdasarkan konstitusi adalah prerogatif dari presiden.,” kata Agus.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap dengan memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, bisa mendapatkan jatah 5 kursi di kementerian dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Ke depan saya sudah sampaikan ke Pak Prabowo sebagai capres dan cawapres terpilih yang sudah mendapatkan suara 58 persen dari data Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu Golkar),” kata Airlangga, saat memberikan sambutan ‘Buka Bersama DPP Partai Golkar’ di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/3/2024).

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *