Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengirimkan sejumlah alat untuk menurunkan barang bantuan dari ketinggian dengan metode airdrop ke pemerintahan Yordania yang bakal dikirimkan ke warga Gaza Palestina.

Menurut Agus, TNI akan mengirimkan alat airdrop sebanyak 900 PUO (payung udara orang) dan 50 set perawatan LCLA (payung udara barang) untuk mendrop dengan metode airdrop dari pesawat ke Kota Gaza.

“Jadi nanti kita akan serahkan kepada pemerintahan Yordania nanti dari Yordan di airdrop ke Gaza,” kata Agus usai acara pelepasan di Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Bantuan ini akan dikirim oleh 26 prajurit mission commando yang dipimpin Kolonel Penerbang Noto Casnoto dari TNI Angkatan Udara (AU) memakai pesawat Hercules 130 jenis J.

Nantinya alat-alat penerjun barang dari udara dengan metode airdrop ini, untuk payung udara orang akan dimodifikasi untuk bisa memuat bahan pokok lebih dari 100 kilogram. Sedangkan untuk payung udara barang bisa memuat bahan baku sampai 14 ton.

“(Akses pengiriman) Ya tiga hari, kita tiga hari berangkat dari Halim pertama bermalam di Myanmar, kemudian di hari kedua di Abu Dhabi, hari ketiga ke Yordan,” jelasnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *