Liputan6.com, Jakarta РPangdam Jaya, Mayjen Mohamad Hasanuddin membeberkan sistem keamanan Gudang Munisi Daerah Paldam Jaya Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Sabtu (30/3/2024).

Hal itu diutarakan Hasanuddin usai Kebakaran disertai ledakan yang terjadi di sana. Dia memastikan sistem di Gudang Munisi Kodam Jaya sudah sangat aman.

“Karena lokasi berada di banker di atasnya ada tanggul-tanggul yang mengamankan kalau ada ledakan ke samping tetapi mungkin kalau ke atas bisa menyebar ke beberapa tempat,” ujar dia di lokasi, Sabtu malam.

Hasanuddin menegaskan kembali Gudang Munisi Daerah Paldam Jaya sudah didesain sedemikian rupa, termasuk meminimalkan dampak yang timbul jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami pastikan bahwa prosedur maupun sistem sudah sedemikian rupa sehingga kalau ada ledakan seperti ini diperkirakan akan aman,” ujar dia.

Kendati, Mohamad Hasanuddin tak menampik saat kebakaran terjadi barusan ada selongsong yang sampai ke perumahan. Menurut dia, hal itu karena ledakan yang dihasilkan mengarah ke atas.

“Mungkin vertikal ke atas sampai di suatu tempat,” ujar dia.

Terkait hal ini, Hasanuddin sudah mengimbau kepada warga sekitar Desa Ciangsana untuk meningkatkan kewaspadaan saat ledakan terjadi.

“Apabila ada hal-hal mungkin terdampak dari ledakan ini,” ujar dia.

Saat ini, pihak Kodam Jaya masih menunggu satu atau dua jam ke depan untuk bisa masuk ke lokasi dan memadamkan api.

“Kami tidak mau ambil resiko karena kemugkinan ada ledakan kecil yang terjadi dari amunisi-amunisi kecil, karena ini ada pelbagai jenis amunisi yang kaliber kecil sampai kaliber sedang,” tandas dia.

 

Ledakan dahsyat terjadi di gudang amunisi milik Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 07/155 GS Kodam Jaya, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ledakan terjadi berulang kali membuat warga sekitar panik.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *