Latif juga mengingatkan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk memeriksa kelaikan kendaraan, terutama bagi yang melalui jalan tol.

“Pemeriksaan rem, ban, spion, dan lain-lain harus dilakukan lebih awal. Bagi kendaraan roda empat, jalur utama adalah Tol Timur Cikampek. Informasi khususnya untuk jalur Semper Cibitung, Cibitung Cimanggis telah dibuka. Penggunaan jalur ini diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas di Cikunir, terutama dari Depok dan Bogor,” jelasnya.

“Kami akan memperhatikan Cikunir dan Cibitung untuk pengaturan lalu lintas menuju timur Jawa. Kami juga berharap agar Surat Keterangan Bersama (SKB) mengenai operasional kendaraan sumbu lebih dari tiga dapat diindahkan,” tambahnya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, memastikan bahwa aturan ganjil genap (gage) akan diterapkan kembali di jalan tol selama arus mudik dan balik lebaran 2024. Dalam konteks ini, penggunaan tilang elektronik ETLE akan ditingkatkan untuk menindak para pelanggar.

“Akan ada pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas serta penerapan contraflow, seperti yang telah kita lakukan tahun sebelumnya. Namun, kami akan menyesuaikan strategi dengan dinamika yang ada di lapangan, namun kebijakan ganjil genap akan tetap diterapkan,” ungkap Aan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari Kamis (28/3/2024).

Menurut Aan, penerapan aturan ganjil genap sangat penting untuk mengurangi kemacetan selama periode mudik lebaran. Dia juga memberikan apresiasi terhadap efektivitas penerapan aturan tersebut di DKI Jakarta.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *