Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, telah memastikan bahwa aturan ganjil-genap atau Gage akan diterapkan kembali di jalan tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. Dalam konteks ini, penggunaan tilang elektronik ETLE akan ditingkatkan untuk menindak para pelanggar.

“Akan ada pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas serta penerapan contraflow, seperti yang telah kita lakukan tahun sebelumnya. Namun, kami akan menyesuaikan strategi dengan dinamika yang ada di lapangan, namun kebijakan ganjil-genap akan tetap diterapkan,” ungkap Aan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari Kamis (28/3/2024).

Menurut Aan, penerapan aturan ganjil-genap sangat penting untuk mengurangi kemacetan selama periode mudik Lebaran. Dia juga memberikan apresiasi terhadap efektivitas penerapan aturan tersebut di DKI Jakarta.

“Pembatasan kendaraan dengan aturan ganjil-genap sangat penting karena jika tidak dilakukan, lalu lintas akan semakin padat. Ini telah terbukti efektif di DKI Jakarta,” jelasnya.

Penerapan aturan ganjil-genap akan dilakukan bersamaan dengan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan jalur satu arah. Korlantas Polri telah melihat peningkatan volume angkutan barang sebelum pemberlakuan pembatasan.

Pelanggar aturan ganjil-genap akan dipantau melalui tilang elektronik atau ETLE yang disiapkan mulai dari daerah Cawang hingga gerbang tol arah Jabodetabek.

“Pantauan dimulai dari Jabodetabek,” kata Aan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *