Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza melalui jalur udara, dengan pesawat Hercules. Pasalnya, kata dia, saat ini penyaluran bantuan ke Gaza melalui jalur darat sudaah sulit.

“Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” kata Jokowi Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dikutip dari siaran pers, Jumat (8/3/2024).

Jokowi telah meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan tersebut di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan. Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

“Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita,” jelasnya.

Jokowi pun optimistis bantuan Indonesia yang dibawa dengan pesawat dapat tersalurkan ke masyarakat Gaza. Hal ini berdasarkan hasil simulasi pengiriman bantuan yang dilakukan TNI AU.

“Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik,” ujar Jokowi.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *