Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan realisasi impor beras yang masuk ke Indonesia. Mengingat 2024, Bulog masih memegang kuota impor beras untuk pemenuhan stok dalam negeri.

Bayu mengatakan,  sejak awal 2024 ini, sudah masuk sebanyak 650 ribu ton beras. Ini merupakan realisasi dari kuota sebesar 3,6 juta ton untuk 2024.

“Saat ini kurang lebih sudah sekitar 650 ribu yang sudah masuk atau masih di pelabuhan,” kata Bayu dalam Media Gathering di Jakarta, dikutip Rabu (3/4/2024).

Dalam data yang dikantonginya, realisasi impor atas carry over dari penugasan 2023 sudah seluruhnya rampung. Kemudian, rencananya masih ada 350 ribu ton lagi yang akan masuk ke Indonesia untuk kuota 2024.

Angka itu sudah disepakati antara Bulog dengan sejumlah negara suplier. Sehingga, jika dihitung, akan ada sekitar 1 juta ton yang masuk pada 2024.

“350 ribu (ton) yang sudah kontrak. Jadi kira-kira hampir satu juta (ton beras impor),” ucapnya.

Perlu diketahui, ada 4 negara asal impor beras, yakni, Thailand, Vietnam, Pakistan, dan Kamboja. Vietnam menjadi negara paling besar menyuplai beras ke Indonesia.

Sementara itu, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sendiri saat ini ada sebanyak 1,07 juta ton. Bayu menegaskan belum ada rencana menambah kuota impor lagi dari jatah sebesar 3,6 juta ton untuk 2024 ini.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *