Liputan6.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan, bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan akan tiba esok hari. Dia menjelaskan, bantuan tersebut berupa alat-alat medis yang memang saat ini dibutuhkan oleh kedua negara tersebut.

“Tanggal 4 (April) Insya Allah sudah tiba satu di airport Sudan, satu lagi di Kairo (Mesir),” ujar Retno di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Rabu (3/4/2024).

Retno menambahkan, bantuan dikirim menggunakan dua pesawat Garuda. Nantinya, bantuan tersebut langsung diterima oleh masing masing menteri kesehatan negara yang bersangkutan.

“Jadi bantuan baik ke Sudan maupun ke Mesir ini hampir semua berupa alat kesehatan yang diperlukan, kita selalu memberikan bantuan dengan permintaan supaya match karena banyak sekali bantuan yang didapat tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” jelas dia.

Soal batuan ke Palestina, Retno mengatakan akan disalurkan melalui jalur perbatasan di Mesir. Sebab, bantuan yang masuk harus diperiksa secara detil lebih dahulu oleh pihak Israel.

“Memang kita tahu di kasus banyak negara terjadi hambatan melalui darat, karena semua harus dicek oleh Israel, jadi intinya itu (melalui Mesir lebih dahulu),” Retno menandasi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk dikirimkan ke Gaza dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu (3/4). Bantuan yang diberikan kurang lebih senilai Rp30 miliar, diantaranya berupa obat dan alat kesehatan. 

“Bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih 30 miliar berupa obat obatan dan peralatan kesehatan, dan juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan sesuai dengan permintaan dari pemerintah Mesir dan Sudan,” kata Jokowi. 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *