Liputan6.com, Jakarta РPresiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono segera melakukan revitalisasi atau penataan kembali Pasar Muara Bungo, Jambi. Jokowi berharap penataan tersebut membawa manfaat nyata bagi pedagang dan masyarakat sekitar.

“Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU sehingga pedagangnya nyaman, pasarnya ramai, tempat parkir juga tersedia dan kita harapkan pasar tradisional modern tetap ramai,” kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Kamis (4/4/2024).

Dia menyebut banyak pedagang yang saat ini berjualan di luar pasar karena kondisi dalam pasar yang tak memadai. Untuk itu, Jokowi menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang dan memastikan keberlangsungan ekonomi lokal.

“Yang paling penting, Pasar Muara Bungo ini harus diperbaiki sehingga pedagang ada di dalam. Kenapa mereka tidak mau ke dalam? Karena di dalamnya gelap, perlu memang ada penataan yang nanti akan dilakukan oleh Pak Menteri PU,” jelasnya.

Soroti Potensi Unggulan Jambi

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut menyoroti sejumlah potensi unggulan yang ada di Provinsi Jambi. Menurut dia, Jambi memiliki beragam sektor yang menjanjikan, terutama dalam perkebunan dan pertanian rakyat.

“Saya kira banyak sekali ya, utamanya perkebunan rakyat, pertanian rakyat, saya melihat juga dari atas sepertinya tambang rakyat juga baik,” tutur Jokowi.

Kendati begitu, dia mengatakan bahwa potensi tersebut harus dikelola dengan baik. Jokowi pun mengapresiasi keramahan masyarakat di Jambi.

“Ini potensinya gede sekali, kelihatan sekali dan masyarakatnya di sini baik-baik semua. Di Jambi, di Muara Bungo, di Merangin, di Tebo semuanya baik,” ujar dia.

Sedangkan terkait stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut, Jokowi menyatakan kepuasannya atas kondisi saat ini.

Jokowi menyebut harga sejumlah bahan pokok di Pasar Muara Bungo masih cukup baik. “Stabilitas harga sama, sangat baik semuanya,” ucap Jokowi.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *