Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggunakan drone untuk melakukan pemantauan arus mudik dan balik lebaran 2024. Untuk jangkauan drone itu nantinya akan mencapai radius 20 kilometer.

“Sehingga, nanti kemacetan-kemacetan yang menginformasinya terpenggal. Karena CCTV yang tidak bisa tercover seluruh keadaan nanti bisa dibantu dilengkapi dengan informasi dari drone yang memiliki kemampuan menjangkau sampai 20 KM itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kepada wartawan, Kamis (4/4).

Ia menjelaskan, penggunaan drone ini baru dipakai pada mudik lebaran tahun 2024. Hal ini dijelaskannya untuk menyempurnakan sistem pemantauan, terlebih untuk jarak pemasangan kamera Close Circuit Television (CCTV) berjarak 500 meter setiap titiknya.

“Sehingga ada wilayah yang blank spot, yang tidak tercover oleh CCTV yang itu menyebabkan ketika kita membuat perhitungan tidak terlalu akurat. Nah dengan adanya drone ini, maka blank spot itu akan terhubung. Sehingga nanti analisis datanya itu dikomparasikan antara data dari CCTV dengan data yang dari drone,” jelasnya.

Selain itu, untuk drone ini nantinya bisa melakukan zoom mencapai 30 kali. Sehingga, jika ada objek tertentu yang bermasalah bisa langsung diclose up dan bisa dicek secara detail terhadap kendaraan tersebut.

“Jadi tidak dari command center, jadi pangkalannya bisa kita pindah-pindah sesuai dengan urgensinya, dengan begitu maka nanti termasuk kalau ada kecelakaan, itu tidak perlu harus didatangi dulu lokasi untuk dicek kondisinya, kita cukup drone dulu kemudian drone memberi informasi, kemudian kita bisa mengambil keputusan,” paparnya.

“Sehingga kita ketika datang ke tempat lokasi tidak untuk menganalisis, tetapi untuk mengeksekusi. Dengan begitu maka nanti kecelakaan-kecelakaan termasuk mobil mogok misalnya, itu kita harapkan dalam waktu yang singkat bisa terdeteksi dan bisa dilakukan penindakan atau aktivitas untuk perbantuan,” sambungnya.

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *