Liputan6.com, Jakarta Kondisi lalu lintas di Jakarta pada Sabtu 6 April 2024 diprediksi akan lengang lantaran sudah banyak warga yang memulai aktivitas warga untuk mudik lebaran.

“Insyaallah besok sudah lancar,” Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman saat ditanya awak media, Jumat (5/4).

Sehingga, Latif mengatakan kemacetan yang kerap terjadi setiap jam pulang kerja akan berkurang mulai besok. Karena, fenomena kemacetan saat jam pulang kerja terjadi karena aktivitas kegiatan menjelang buka puasa.

“Itu kan fenomena tahunan bulan ramadan, pasti aktivitas masyarakat menjelang akhir ramadan banyak aktivitas keluar ke jalan. Biasanya buka di rumah, mereka buka di luar,” kata Latif.

Sementara untuk kemacetan parah yang terjadi pada Rabu 3 April 2024 sampai larut malam, disebabkan faktor banjir yang melanda beberapa daerah dan jalan di Jakarta.

“Kalau kemarin itu karena banjir di beberapa titik banjir. Kalau tadi malam hanya kepadatan karena aktivitas masyarakat untuk buka puasa, itu saja,” jelasnya.

Dengan kondisi arus mudik yang sudah dimulai, Latif pun telah menyiapkan personelnya untuk mulai memantau pergerakan mobilitas para pemudik sejak siang ini.

“Kemungkinan malah setelah salat jumat ini sudah ada yang bergerak, kemungkinan. Tapi kita masih memonitor terus. Sehingga kesiapan khususnya pengiprasional sumbu 3 ini tidak menghambat di jalan sudah kita laksanakan dari tadi pagi,” ujarnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *