Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mewakili 88 BUMN yang berpartisipasi pada kegiatan “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024” resmi membuka acara mudik gratis pada Jumat (5/4) di Silang Monas, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir menjelaskan bahwa program mudik gratis dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan pesertanya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Ya memang kan ini kerja sama-sama ya, Pak Gubernur, Pak Menhub, saya dan rekan-rekan BUMN bahwa ini sudah lima tahun berturut-turut kita buat program mudik bareng dan tahun ini angkanya mencapai 90.000 lebih peserta, partisipasi dari BUMN juga meningkat dari 84 menjadi 88 BUMN. Dan ini sebagaimana arahan Bapak Presiden, BUMN harus bisa hadir ketika masyarakat membutuhkan,” ujarnya.  

Ia menuturkan, dirinya menyambut baik atas respon positif dari masyarakat yang semakin percaya terhadap program-program BUMN yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Baginya, salah satu fungsi sosial dari program mudik gratis ini tak lain adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan memberikan kemudahan transportasi secara langsung. 

 

“Dan tentu kita mengerti, hari ini daya beli masyarakat sedang menurun, kita lihat juga ada kenaikan dollar sedikit, akhirnya apa, Pak Presiden menginstruksikan agar BUMN berupaya secara maksimal. Untuk itu harga BBM tidak kita naikan, karna kalo BBM naik daya beli masyarakat sedang menurun. Belum lagi operasi pasar yang diharapkan oleh Bapak Presiden melalui BULOG, RNI, melalui bantuan-bantuan sosial yang terus kita dorong. Nah tentu kegiatan mudik ini juga sama, ini adalah bagian yang diharapkan oleh pemerintah, Bapak Presiden,” katanya. 

Direktur Utama Perum BULOG, Bayu Krisnamurthi pada hari yang sama di Kantor Pusat Pusat Perum BULOG melakukan seremonial pelepasan peserta mudik gratis dengan destinasi tujuan ke tujuh kota. Dirinya menjelaskan bahwa peningkatan peminat mudik gratis dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, untuk itu dirinya mengupayakan penambahan sarana dan prasarana pendukung seperti penambahan jumlah armada kendaraan. 

“Jadi hari ini kita melepas 13 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 650 orang ke tujuh lokasi diantaranya Surabaya, Wonosobo, Yogyakarta, Banyumas, Semarang, Solo dan Metro Lampung. Dan penambahan destinasi ini berdasarkan kepada banyaknya peminat ke lokasi tujuan tersebut, mungkin untuk selanjutnya kalau peminatnya banyak kita akan buka lokasi yang baru,” katanya. 

 

Suprayitno (37), salah seorang peserta mudik gratis yang hadir bersama keluarganya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada penyelenggara mudik gratis karena ia bisa kembali berkumpul dengan keluarganya pada IdulfItri kali ini. Dirinya berharap program mudik gratis ini kedepannya masih akan terus diselenggarakan arena baginya manfaat dari program ini dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas. 

“Alhamdulillah terima kasih Bulog, terima kasih BUMN. Saya sejujurnya sempat merasa putus asa karena sulit mendapatkan tiket mudik ke Kebumen, kalau pun ada harganya bisa dua sampai tiga kali lipat. Dan bagi saya sekeluarga yang sudah beberapa tahun ini tidak mudik, momen ini terasa sangat istimewa sekali. Semoga ke depannya program ini masih ada, dan saya doakan pesertanya semakin tambah banyak.”

 

 

(*)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *