Liputan6.com, Jakarta Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, akan ada peningkatan arus lalu lintas di jalur arteri selama periode lebaran 2024, terlebih setelah diberlakukannya sistem one way atau satu arah.

“Tentu dengan pemberlakuan one way ini jalur arteri Pantura, terutama ini akan ada peningkatan arus dari Timur. Kemudian dari Barat juga ada peningkatan, para Kapolda, Dirlantas tentu sudah mempersiapkan dari Jateng dan Jabar sudah mempersiapkan untuk titik-titik rawan kemacetan di Pantura mulai dari Jateng sampai dengan Jabar nanti dan kita pun dibantu oleh beberapa kamera di arteri,” kata Aan, Sabtu (6/5/2024).

“Kemudian traffic counting di arteri dari Jasa Marga juga memasang traffic counting di arteri, ini menajdi panduan kita, mata kita. Sehingga, ketika terjadi kepadatan di arteri kita akan berlakukan skema-skema yang sudah kita siapkan,” sambungnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi jika terjadinya kemacetan di sejumlah rest area jalan tol, pihaknya akan melakukan pembatasan lamanya untuk beristirahat kepada para pemudik.

“Jadi rest area tuh menjadi, apa, tersendiri ya untuk di tol ini. Kami sudah koordinasi dengan BUJT kemudian pengelola rest area, tadi sudah kita terapkan di 57 untuk pengaturan flow masuk. Kemudian pembatasan lamanya istirahat di rest area. Ini cukup efektif ya, jadi tidak sampai buka tutup di 57, tapi pada saat nanti mungkin sudah overload, sudah tidak ada tempat parkir lagi kita akan melakukan buka tutup rest area,” jelasnya.

Apabila para pemudik ingin melakukan istirahat secara lama, tidak untuk berhenti di bahu jalan dan bisa keluar dari jalan tol. Karena, hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

“Kemudian silahkan keluar di exit tol terdekat, karena di situ di arteri ini sudah disiapkan rest area, banyak juga tempat makan kuliner di sana silakan untuk istirahat di luar jalan tol. Silakan setelah dipress masuk lagi, tidak ada penambahan tarif artinya tarifnya sama, keluar masuk sama dan malah dapat diskon nanti pada saat kembali ya,” paparnya.

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *