Liputan6.com, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, mengimbau masyarakat ibu kota untuk mengantisipasi potensi kebakaran kala meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran 2024 ke kampung halaman.

Diketahui, mudik Lebaran menjadi momen yang selalu dinantikan bagi umat muslim untuk menyambut perayaan Idul Fitri. Namun, risiko kebakaran saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama seringkali terlupakan dan terabaikan.

“Menjelang Idul Fitri, konsentrasi masyarakat kini terfokus pada persiapan mudik. Pada saat meninggalkan rumah, potensi kebakaran bisa saja terjadi, jika masyarakat kurang mengantisipasi,” kata Satgas Gulkarmat Gambir Nurulusianto, dikutip Minggu (7/4/2024).

Masyarakat diminta memperhatikan sejumlah anjuran sebelum mudik untuk mencegah kebakaran, di antaranya diimbau untuk memastikan kompor dalam keadaan mati dan mencabut regulator gas.

“Jangan lupa untuk mencabut selang regulator gas dan tutup rapat tabung gas kembali,” ujarnya.

Lebih lanjut, masyarakat juga diminta untuk memeriksa instalasi listrik yang ada di rumah. Seluruh kabel dan peralatan listrik mesti tercabut dari steker.

“Serta pastikan semua sumber listrik aman dari benda yang mudah terbakar. Segera ganti peralatan listrik jika sudah terkelupas atau rusak,” ucapnya.

 

Lima hari jelang Idulfitri, pemudik yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, terus mengalami peningkatan. Hal serupa juga terjadi di Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, yang mulai dipenuhi pemudik yang akan me…



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *