Liputan6.com, Jakarta Jelang libur Lebaran, Kebun Raya Bogor menghadirkan wahana edukasi baru Taman Tumbuhan Quran.

Hadirnya wahana baru ini untuk memperkenalkan sekaligus mengedukasi pengunjung mengenai tumbuhan-tumbuhan yang disebut di dalam Al-Quran.

Direktur Kebun Raya Bogor, Marga Anggrianto, mengatakan pihaknya selalu berinovasi menghadirkan fasilitas atau layanan baru khususnya terkait dengan fungsi utama Kebun Raya sebagai pusat konservasi tumbuhan dan eduwisata keanekaragaman hayati.

“Kali ini, sedang bersiap untuk menghadirkan taman tematik baru, yaitu Taman Tumbuhan Quran yang berlokasi di area sekitar Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor,” kata Marga, Senin (8/4/2024).

Project Manager Taman Tumbuhan Qur’an, Saniyatun Mar’atus Solihah atau akrab dipanggil Sani, menjelaskan konsep dasar perancangan taman di area Masjid Kifayatul Abidin terinspirasi dari buku Plants of the Qur’ān (Shahina A. Ghazanfar, ilustrasi botani oleh Sue Wickison, Kew Publishing tahun 2023).

Di buku tersebut disebutkan beberapa jenis tumbuhan dalam Al-Quran yang menandakan pentingnya dan relevansinya karena tumbuhan ini diketahui kegunaannya.

Ia menyebutkan beberapa contoh tumbuhan yanga ada di dalam Al-Quran, seperti kurma, bawang merah, bawang putih, zaitun, anggur, ara/tin, delima, sawi, dan lainnya.

“Konsep atau inisiasi mengenai taman ini sudah ada sejak akhir Januari 2024. Namun pekerjaan persiapan dan pembangunan dilakukan tanggal 14 Maret 2024,” jelasnya yang juga menjabat sebagai SPV Pengembangan Konservasi dan Edukasi Kebun Raya.

Sani mengungkapkan hadirnya Taman Tumbuhan Quran ini bertujuan untuk mengedukasi pengunjung Kebun Raya Bogor dan memberikan pengetahuan baru mengenai jenis-jenis tumbuhan yang ada di dalam Al-Quran bagaimana pentingnya dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Ada lima jenis tumbuhan utama yang paling banyak disebut dalam Quran yang kami tanam di area utama, kelima jenis ini menandakan lima waktu sholat dan jumlah 17 pohon yang menandakan jumlah raka’at,” ujarnya.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *