Sidang isbat ini dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat penentuan 1 Syawal dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, diperkirakan ijtimak akan terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma’ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan salat Idul Fitri di lokasi yang sama

“Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal,” kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

“(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada,” ujarnya.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *