Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan jalur alternatif mudik Lebaran 2024 di wilayah Pantai Utara (Pantura). Hal itu sebagai antisipasi terhambatnya lalu lintas Jalur Pantura Karanganyar, Demak, Jawa Tengah yang terdampak banjir.

“Jadi jalur pasca-banjir terutama di KM 41 sampai 45 terdampak sangat parah di Demak, Kudus ya itu, dari PUPR sudah menjamin waktu pengerjaan perbaikan ini H-10 tadi sudah mantap. Sudah 95 kemantapannya, artinya bisa dilalui dengan baik,” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2024).

Meski begitu, Aan menyiapkan langkah antisipasi apabila nanti jalur tersebut kembali terdampak banjir. Setidaknya ada tiga alternatif bagi masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran melalui wilayah pantura.

“Kalau nanti terjadi banjir di tempat yang sama, Demak, Kudus, kita sudah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk pengalihan arus. Nanti ada yang melalui Sayung, Purwodadi, Blora, Rembang, kemudian melalui Semarang, Kedungmundu langsung ke Kudus ya, ada terakhir yang melalui Semarang, Purwodadi, Blora Rembang,” jelas dia.

Aan menegaskan, pihaknya telah menyiapkan berbagai alternatif bagi jalur lalu lintas rawan bencana.

“Sudah kita petakan dengan Pak Asops, ada 155 titik yang kita petakan rawan bencana, termasuk bencana banjir,” tambah Aan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *