Liputan6.com, Jakarta – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Utara menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Ancol untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Rekayasa lalu lintas di kawasan ini bersifat situasional.

“Pengamanan yang kami lakukan sifatnya situasional tergantung kepadatan pengunjung ke kawasan Ancol,” kata Kepala Satlantas Polres Metro Jakut Kompol Edy Purwanto, Rabu (10/4/2024).

Ia mengungkapkan, di Jakarta Utara ada dua destinasi wisata yang bisa menjadi tujuan warga untuk mengisi waktu libur, yakni di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Kecamatan Penjaringan, dan Ancol di Kecamatan Pademangan.

Untuk PIK yang menjadi destinasi wisata adalah PIK 2. Sementara yang menjadi wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara adalah kawasan di PIK 1, sehingga hanya menjadi jalur perlintasan saja.

Sementara untuk kawasan Ancol memang diprediksi padat karena menjadi salah satu tujuan wisata  favorit saat libur lebaran. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kawasan Ancol selalu dipadati pengunjung saat libur lebaran.

Seperti dikutip dari Antara, Edy mengungkapkan tiga indikator yang akan digunakan dalam pengamanan lokasi wisata, yakni indikator hijau, kuning, dan merah. Untuk indikator hijau, artinya semua dianggap normal dan arus lalu lintas berjalan aman dan lancar.

Sementara indikator kuning menunjukkan bahwa kawasan Ancol tidak lagi muat menampung parkir kendaraan dan terjadi antrean di pintu masuk tempat wisata dengan radius 500 meter.

“Kami akan minta pengendara yang datang belakangan untuk memarkir kendaraan di Jalan Benyamin Sueb dan Kemayoran,” kata perwira menengah polisi ini.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *