Liputan6.com, Jakarta – Arus balik melalui Terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan hingga H+4 Lebaran 2024 masih tergolong sepi, dengan prediksi bahwa puncak arus balik masih akan terjadi beberapa hari ke depan.

“Dari H+1 sampai H+4 penumpang yang turun hanya ada 1.003 orang,” kata┬áKepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Lebak Bulus, Mochamad Iman Sapril, Senin (15/4/2024), seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus mencapai 1.021 orang dalam periode yang sama. Meskipun demikian, jumlah penumpang yang berangkat masih lebih tinggi daripada yang tiba.

Sebanyak 120 bus beroperasi di terminal tersebut, dengan dominasi bus yang melayani rute-rute di sekitar Jawa Barat, seperti Cirebon, Kuningan, dan Sukabumi.

Penumpang yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera masih tergolong sedikit, bahkan cenderung sepi.

Iman menjelaskan bahwa penumpang dan bus yang beroperasi didominasi oleh rute-rute jarak dekat di Jawa Barat, khususnya Kuningan dan Sukabumi.

Dia juga memprediksi bahwa puncak arus balik di Terminal Lebak Bulus akan terjadi pada hari Sabtu (20/4/2024) dan Minggu (21/4/2024).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, menyatakan bahwa penanganan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Dalam peninjauannya di Gerbang Tol (GT) Cikampek, Muhadjir Effendi menyebut bahwa secara umum, capaian tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, terutama dari segi angka kecelakaan lalu lintas.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *