Liputan6.com, Jakarta – Gempa bumi mengguncang wilayah Bayah, Banten, Selasa (16/4/2024). Gempa Banten dengan magnitudo 4,6 tersebut terjadi pada pukul 10.18 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa gempa Banten ini berlokasi di 7.45 Lintang Selatan, 105.99 Bujur Timur

“64 km Barat Daya Bayah, Banten, Kedalamam 10 Km,” tulis BMKG.

Getaran Gempa Banten ini terasa di Jakarta. Adit, salah seorang karyawan swasta di kawasan Gondangdia Jakarta Pusat ini merasakan guncangan yang cukup membuatnya kaget.

“Terasa 2 detik,┬ákenceng. Bikin tersentak,” kata dia kepada Liputan6.com.

Sebelum Terjadi Gempa

  1. Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.
  2. Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.
  3. Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.
  4. Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
  5. Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.
  6. Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.
  7. Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.
  8. Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.
  9. Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa

  1. Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.
  2. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.
  3. Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.
  4. Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.
  5. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *