Liputan6.com, Cianjur РBunga bangkai atau Amorphophallus Titanum Becc di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, mekar sempurna pada Jumat (19/4/2024) pukul 00.56 WIB.

Tumbuhan koleksi Kebun Raya Cibodas dengan nomor koleksi 76 ini merupakan kali ketiganya berbunga setelah sebelumnya berbunga pada tahun 2016 dan 2020.

Menurut data hasil pemantauan dari unit pengelolaan koleksi ilmiah Kebun Raya Cibodas, tunas mulai teramati pada 16 Februari 2024. Kemudian teramati mekar sempurna tepat Jumat dini hari dengan tinggi spadik 310,5 cm dan diameter spatanya 161 cm.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Destri mengatakan, ketinggian bunga yang saat ini mekar melebihi dari yang sebelumnya.

“Tinggi bunga kali ini lebih dari 3 meter hal ini dikarenakan pertumbuhan vegetatifnya bagus sehingga dengan sendirinya menghasilkan umbi yang lebih besar,” Ujar Destri.

Destri menyampaikan jika induk tanaman yang ada di Cibodas diperkirakan sudah berumur antara 32-35 tahun, karenanya tanaman tergolong herba perenial.

Sampai saat ini jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen, terdiri atas 1 spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi, dan 9 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *