Liputan6.com, Jakarta – Partai Demokrat mengaku tak masalah partai di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan bergabung koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming (Prabowo-Gibran).

“Bagus-bagus saja, karena bagi kami yang penting elemen tokoh bangsa bersatu. Tapi bagi kami semua elemen bangsa ini bisa bergabung bersama,” ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Jumat (19/4/2024).

Herzaky menyebut, bergabungnya partai politik (parpol) lain bukan berati pihaknya menolak adanya oposisi.

“Tapi lagi-lagi bukan kami ingin tidak ada oposisi, bukan,” kata dia.

Menurut Herzaky, Prabowo berencana merangkul semua elemen bangsa tanpa terkecuali.

“Pak Prabowo ingin mengajak semua karena bagaimanapun membangun bangsa ini tidak mudah, tapi kalau ada oposisi tetap bagus, karena bagaimanapun kita butuh teman di dalam, maupun teman di luar (pemerintahan),” ucap dia.

Apalagi, kata Herzaky, kursi menteri ada banyak sehingga tak perlu ada yang ditakutkan dengan bergabungnya partai di luar koalisi.

“Enggak (masalah). Kan proporsi (menteri) banyak. Kita bukan bicara dapat berapa atau apa, tapi bagaimana kita sama-sama berjuang. Kami bersama Pak Prabowo sudah berkomitmen, Pak Prabowo langkahnya apa kita percaya,” pungkas Herzaky.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut semangat rekonsiliasi pasca Pemilu 2024, terlebih melihat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali mendekat.

Meski demikian, PAN berharap jika PPP memang ingin berniat gabung ke koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tak ada syarat rumit yang diajukan partai pimpinan Mardiono tersebut.

“Kalau mau gabung, ya silahkan. Sangat bagus, yang penting jangan bikin syarat-syarat yang rumit. Semua harus dipercayakan kepada Prabowo-Gibran,” kata Politikus PAN Saleh Partaonan Daulay saat dikonfirmasi, Selasa 16 April 2024.

 

Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menggelar kampanye di Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kampanyenya SBY mengajak ribuan pendukungnya untuk memilih Prabowo-Gibran.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *