Liputan6.com, Jakarta – Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan selamat hari Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia. Dia menyebut, apa  yang diperjuangkan RA Kartini juga menjadi spirit dan mengilhami Megawati Soekarnoputri sebagai amicus curiae di MK.

“Ibu Megawati menegaskan semoga ketuk palu MK bukan merupakan Palu Godam melainkan palu emas seperti ditegaskan Ibu Kartini habis gelap terbitlah terang sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus menerus oleh generasi bangsa Indoensia,” ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu (21/4/2024). 

Menurut Hasto, pemikiran RA Kartini terus mengilhami para guru besar, para tokoh pro demokrasi, kelompok civil society, hingga elemen kepartaian yang masih berjuang bagi tegaknya Konstitusi, demokrasi, dan keadilan dalam Pemilu dari abuse of power Presiden Jokowi. 

“Penyalahgunaan kekuasaan terjadi terlebih setelah manipulasi hukum di MK dan berhasil meloloskan Gibran Rakabuming sebagai cawapres,” kata Hasto.

Hasto meyakini, spirit Kartini dapat menyingkirkan kegelapan kekuasaan yang saat ini melanda Indonesia.

“Dengan spirit RA Kartini, kekuatan kebenaran percaya bahwa kegelapan demokrasi akan menjadi terang yang menyingkirkan sisi-sisi gelap kekuasaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Dia berharap Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April bukan sekedar seremoni.

“Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan. Marilah kita jadikan Hari Kartini tidak sekadar seremoni, tetapi lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan dan kekuatan yang mereka miliki,” kata Jokowi dalam unggahannya pada Minggu (21/4/2024).

“Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia,” sambung Jokowi



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *