Liputan6.com, Jakarta – Menteri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini menghadiri pameran seni bertajuk Kartini Nyeni di Senyawa+ Space, Cikini, Jakarta Pusat pada Minggu (21/4/2024).

Dalam acara yang memamerkan karya-karya perempuan, baik karya seni dan produk UMKM, wanita yang karib disapa Risma itu bertemu dan berdiskusi dengan para seniman dan pelaku UMKM perempuan.

Mensos Risma pun berharap karya-karya mereka dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Jadi mereka menghasilkan karya-karya, (saya harap) bukan hanya ekspresi untuk mereka tapi mungkin kedepan bisa mengangkat nama bangsa Indonesia,” ujar Risma di Senyawa+ Space, Cikini, Minggu (21/4/2024).

Risma menilai, hasil perjuangan Kartini sudah bisa dirasakan oleh perempuan di zaman sekarang.

“Zaman sekarang ini, ruang yang diberikan oleh perjuangan ibu kita Kartini sudah ditaraf bahwa itu bisa dirasakan oleh kaum perempuan. Sudah tidak ada halangan lagi untuk kaum perempuan berkarya,” ucap dia.

Selain itu, Risma juga mengajak pihak lain untuk dapat berpartisipasi memberikan ruang terhadap perempuan, tidak hanya terbatas kepada pemerintah.

“Tidak harus dari pemerintah, dari swasta kemudian dari temen-temen YouTube itu bisa memberikan ruang,” beber dia.

“Memang pemerintah berperan sebagai enabler, tapi sebenernya pihak lain juga bisa membantu,” sambung Risma.

Lalu, dia pun berpesan kepada perempuan untuk tidak lupa akan tugasnya. Seperti diketahui juga, hari ini merupakan peringatan Hari Kartini 21 April.

“Kita sebagai kaum perempuan harus tetap dan tetap harus mengerti posisi dan kedudukan kita. Saat kita di rumah, kita adalah seorang ibu dan seorang istri, kita bukan menteri, kita bukan walikota, tapi kita seorang ibu dan istri dari keluarga kita,” ucap Risma.

 

Ibu-ibu petani di Kampung Sidomulyo Distrik Semangga, Merauke, Papua mendapat bantuan pupuk di hari kartini. Bantuan itu diberikan oleh pemerintah lantaran semakin sulitnya para petani mendapatkan pupuk.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *